josafat page

2 Pemain Naturalisasi Tampil Lawan Uruguay

dfghdgfBadan Tim Nasional (BTN) dan PSSI batal menampilkan secara utuh pemain asing yang memiliki darah keturunan Indonesia di Belanda untuk memperkuat tim nasional dalam laga persahabatan melawan Uruguay, 8 Oktober mendatang.

Sekjen PSSI, Nugraha Besoes menyatakan, dari lima pemain asing yang akan dinaturalisasi, baru dua yang sudah dipastikan bergabung.

“Mereka (lima pemain) tengah disiapkan untuk segera dinaturalisasi. Tapi dari lima, baru dua dulu kita panggil,” ujar Nugraha Besoes saat dihubungi VIVAnews, Rabu 29 September 2010.

Kedua pemain itu adalah duet striker, John van Beukering dari klub Go Ahead Eagles dan Sergio van Dijk dari Adelaide United. Sedangkan tiga pemain lainnya David Ririhena (belakang) dari Top Oss, Tom Hiariej dari Groningen, dan Michael Timisela (gelandang) dari VVV Venlo belum mendapat izin dari klubnya.

“Untuk David Ririhena, Tom Hiariej masih bermain di klub Belanda, sehingga belum ada izin. Sementara satu lagi Michael Timisela mengalami cedera,” jelasnya.

Selanjutnya, PSSI tinggal menunggu kedatangan kedua pemain yang menurut rencana pada 6 Oktober 2010. Esok harinya, 7 Oktober 2010, mereka diharapkan bisa mengikuti latihan bersama setelah sebelumnya koordinasi PSSI dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) serta klub yang menaungi berjalan lancar.

Meski hanya dua yang pasti datang, pada prinsipnya lanjut Nugraha, kelima pemain tersebut sudah setuju untuk membela timnas Indonesia. Walaupun, proses untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) cukup berat.

“Kelimanya sudah di atas 21 tahun, jadi harus melalui jalur biasa untuk menjadi WNI. Ada jalur cepat yakni menggunakan UUD No 12 Pasal 20, tapi itu pun harus mendapat izin Presiden dan pertimbangan DPR. Karena harus ada kepentingan nasional dan orang itu memiliki sumbangsih bagi negara,” beber Nugraha.

Para pemain ini merupakan hasil pencarian Badan Tim Nasional (BTN) dan pelatih timnas. Pada prinsipnya, mereka tidak menolak untuk membela timnas. (one)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s