josafat page

Kompetisi Indonesia akan Disiarkan TV Malaysia, TV Lokal Belum Jelas

Jakarta – Kompetisi sepakbola Indonesia mendatang rencananya akan disiarkan oleh stasiun televisi Malaysia. Akan tetapi, TV lokal mana yang akan memiliki hak siarnya hingga kini belum diketahui.

Bertempat di ruang VVIP Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (15/9/2011), PSSI menandatangani nota kesepakatan dengan perusahaan penyedia konten siaran televisi di Malaysia, Broadway Media, yang punya hak untuk menyiarkan liga di Indonesia di negara tersebut.

“Ini adalah kerjasama bersejarah. Ini pertama kalinya liga profesional di Indonesia disiarkan secara resmi di negeri jiran,” ujar Ketua Umum PSSI Johar Arifin Husin.

“Kerjasama ini juga membawa nilai tambah berupa peningkatan hubungan klub dan liga sepakbola profesional serta menjalin masyarakat kedua negara melalui sepakbola.”

Dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut, turut hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dan Menteri Belia dan Sukan Malaysia YB Dato’ Sri Ahmad Shabery Cheek.

Nantinya, Broadway Media melalui jaringan televisi satelit berbayar Astro tidak hanya akan menyiarkan pertandingan, tapi juga acara preview, highlight, dan profil pemain-pemain bintang.

“Broadway ini nantinya siaran di Malaysia dan Brunei. Mereka ‘kan TV kabel,” tambah Djohar, yang belum memberitahu angka kerjasama tersebut, karena prosesnya masih berlangsung.

Pada kesempatan yang sama CEO Liga Prima, Widjajanto, mengungkapkan bahwa PSSI dan Federasi Sepakbola Malaysia juga sepakat untuk menjalin kerjasama. Nantinya, ia berharap, bisa mengadakan laga persahabatan atau turnamen antarklub juara kedua negara.

“Ya, misalnya juara Liga Indonesia kita pertemukan dengan juara Liga Super Malaysia. Di masa datang, kerjasama seperti ini dapat kita luaskan ke Filipina dan Thailand dengan menyelenggarakan turnamen tersendiri.”

Bagaimana dengan siaran televisi di Indonesia? Djohar mengingatkan, PSSI masih punya kontrak dengan ANTV sampai empat tahun ke depan. Namun, bisa saja ada perubahan.

“Di Indonesia kita sudah ada kontrak dengan ANTV. Tapi, ANTV sangat terbuka. Pak Nirwan (Bakrie) sangat terbuka dan sangat oke menolong. Dia juga lihat realitanya.

“Nanti semua terpulang dari hasil pembicaraan. Kalau katanya oke jual aja (hak siarnya), nanti mungkin kita atur bagi-baginya,” tukas Djohar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s