josafat page

Djohar Soal Nama Liga dan Format Dua Wilayah

Jakarta – Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin menjelaskan perihal nama kompetisi baru di Indonesia yang berbau salah satu kompetisi di musim lalu. Ia juga menerangkan tentang kemungkinan format dua wilayah.

Mengenai nama kompetisi, Liga Prima, yang dinilai “dekat” nama brand Liga Primer Indonesia (LPI), Djohar mengatakan bahwa itu tidak ada kaitannya.

“Itu ‘kan nama PT-nya. Nama kompetisinya belum. Mungkin nanti bisa Citibank Competition, entah Liga Bank Mandiri, entah mungkin yang lain. Tapi, PT. Liga Prima-nya diambil dari (kepanjangan) Program Indonesia Emas. Jadi, ini sejalan dengan program pemerintah itu,” papar Djohar usai menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan penyedia konten siaran televisi di Malaysia, Broadway Media, di ruang VVIP Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (15/9/2011).

Kemudian, saat ditanya soal sponsorship untuk kompetisi yang akan datang tersebut, ia belum mau menyebutkan secara detil termasuk namanya.

“Tiga hari ini kita sudah negosiasi. Ada sponsor besar, semua dari luar. Namanya saya lupa, tapi pokoknya level dunia.”

Mengenai rencana PSSI menggulirkan kompetisi dengan format dua wilayah, Djohar mengatakan bahwa hal itu belum final. Pihak yang akan memutuskan adalah Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

“Itu AFC yang menentukan, mau itu satu wilayah atau dua. Kalau jumlahnya mencukup satu wilayah, ya satu wilayah saja. ‘Kan terpulang lagi nanti siapa yang lolos (verifikasi). Adalah hak semua klub untuk ikut kompetisi,” jawabnya.

Kemarin, seorang anggota Komite Eksekutif La Nyalla Mattaliteti mengkritik wacana kompetisi dua wilayah karena dianggap menyalahi aturan dalam statuta FIFA. Pendapat itu dibantah Djohar.

Nggak ada itu. Nggak ada di statuta, (kompetisi) harus satu wilayah.

“Jadi, sebenarnya sponsor juga ingin satu wilayah. Tapi terpulang nanti, karena klub-klub punya hak untuk ikut kompetisi. Itu nanti AFC yang memverifikasi.

“Kalaupun – ini saya bicara kalau ya – terjadi dua wilayah, itu hanya untuk satu kali (musim ini saja). Tahun depan harus satu wilayah,” terang Djohar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s